Selasa, 08 Mei 2012

Sholat Jumat itu, apa ya??

   Secara umum pengertian sholat Jumat adalah sholat dua rokaat yang dilaksanakan pada hari Jumat tepat saat tengah hari, sebagaimana sholat Dhuhur. Sholat Jumat dilaksanakan dalam 2 (dua) rakaat. Dalam pelaksanaan sholat Jumat, kita akan mendapati adanya 2 (dua) khutbah.
   Hubungan antara manusia dengan sang Pencipta diwujudkan dalam sebuah komunikasi batin yang diterapkan dalam sholat. Di dalam Agama Islam, sholat terbagi atas 2 (dua) hal, yaitu sholat wajib dan sholat sunnah. Dan, sholat jumat adalah salah satu sholat sunnah. Dan, pengertian sholat Jumat ini tidak lain adalah sholat sunnah yang kita lakukan pada saat siang hari dengan jumlah rakaat sebanyak 2 rakaat.

   Hmmm... tapi teman-teman kalian sudah mengetahui arti sholat Jumat tapi kalian tahu tidak syarat apa saja yang membuat sholat Jumat kalian menjadi saha di mata Allah.SWT... Amiiin...

Syarat Sah Melaksanakan Solat Jumat
  • Shalat jumat diadakan di tempat yang memang diperuntukkan untuk sholat jumat. Tidak perlu mengadakan pelaksanaan solat jum'at di tempat sementara seperti tanah kosong, ladang, kebun, dll.
  • Minimal jumlah jamaah peserta salat jum'at adalah 40 orang.
  • Shalat Jum'at dilaksanakan pada waktu shalat dhuhur / zuhur dan setelah dua khutbah dari khatib.
Yang Membatalkan Sholat Jumat
  1. Berhadats.
  2. Terkena najis yang tidak dimaafkan.
  3. Berkata-kata dengan sengaja walaupun hanya dengan satu huruf yang memberikan pengertian.
  4. Terbuka auratnya.
  5. Mengubah niat.
  6. Membelakangi kiblat.
  7. Menambah rukun yang berupa perbuatan.
  8. Tertawa terbahak-bahak.
  9. Mendahului imamnya.
  10. Murtad artinya keluar dari Islam.

" Teman-teman sekarang bertambah ilmunya bukan??? jadi jangan melakukan hal yang tidak di perbolehkan saat sholat jumat ya... dan perhatikan syarat sah sholat Jumat karena itu yang menentukan sholat Jumat kalian sah atau tidak.... "

0 komentar:

Posting Komentar

Sebelum Menutup blog ini, berikan komentar dahulu ya... Dan ingat jangan memberikan komentar dengan kata-kata yang kasar... ^_^


 
Copyright© All Rights Reserved Naurapesat.blogspot.com