Selasa, 29 Mei 2012

Kenapa Kita Pusing Saat Bangun dari Duduk???


  Terkadang seseorang suka merasa pusing atau seperti berputar-putar ketika bangun dari posisi duduk atau berbaring. Hal ini berhubungan dengan adanya perubahan tekanan darah. Kenapa bisa terjadi seperti itu? berikut jawabannya hanya ada disini... silahkan dibaca ya guys...

  Ketika seseorang harus berdiri setelah duduk atau berbaring, akan terjadi penurunan tekanan darah atau disebut dengan hipotensi ortostatik (hipotensi postural). Kondisi ini bisa menyebabkan rasa pusing yang ringan hingga kondisi yang parah seperti pingsan.
  Situasi tersebut akan sangat berbahaya terutama jika terjadi pada orang yang memiliki gangguan keseimbangan seperti orang yang sudah tua, karena bisa menyebabkan patah tulang atau cedera otak. 

Nilai tekanan darah seseorang dinilai dari :
  1. Aliran darah yang dihasilkan oleh jantung, yaitu semakin tinggi aliran darah maka semakin tinggi pula nilai tekanan darahnya.
  2. Adanya hambatan atau perlawanan di dalam pembuluh darah. Hambatan ini dapat dianggap sebagai kekuatan yang mendorong kembali menuju jantung, semakin tinggi hambatan yang ada maka semakin tinggi nilai tekanan darah seseorang. 
    Ketika seseorang berdiri, gaya gravitasi akan menyebabkan darah berkumpul di kaki. Hal ini akan menurunkan tekanan darah karena hanya sedikit sirkulasi darah yang kembali ke jantung untuk memompa. Biasanya sel-sel khusus (baroreceptors) di samping jantung dan arteri leher akan menurunkan tekanan darah dan menetralkan jantung dengan cara berdegup lebih kencang untuk memompa darah lebih banyak dan menstabilkan tekanan darah.
   Selain itu, sel-sel ini juga menyebabkan pembuluh darah menyempit yang dapat meningkatkan resistensi (hambatan) terhadap aliran darah dan meningkatkan tekanan darah.
 Hipotensi ortostatik terjadi ketika ada sesuatu yang mengganggu proses alami dari tubuh untuk menetralkan tekanan darah. Kondisi ini bisa disebabkan oleh berbagai hal, termasuk :
  1. Dehidrasi
  2. Gangguan pada jantung
  3. Diabetes
  4. Gangguan sistem saraf

 Semua penyakit yang Allah SWT  berikan pasti ada jalan keluarnya jika Allah menghendaki, karena itu tidak ada yang tidak mungkin untuk kita lakukakn. Mungkin teman-teman sering merasa pusing atau lesu. Hal ini kita bisa atasi dengan selalu menjaga kesehatan yaitu sebagai berikut :
  1. Tidur jangan terlalu lama
  2. Banyak meminum air putih terutama sehabis bangun tdiur 
  3. Jangan sering bermain komputer seharian
  4. Perbanyak istirahat yang cukup
  5. jangan lupa makan secukupnya
  6. dan paling penting banyak berolahraga

0 komentar:

Posting Komentar

Sebelum Menutup blog ini, berikan komentar dahulu ya... Dan ingat jangan memberikan komentar dengan kata-kata yang kasar... ^_^


 
Copyright© All Rights Reserved Naurapesat.blogspot.com