Senin, 14 Mei 2012

Khasiat Buah Salak...

    Warna kulitnya coklat tua, memiliki sisik seperti ular, dan terdapat duri-duri kecil di sela-selanya, Anda pasti tahu nama buah dengan ciri-ciri seperti itu.Salak, di Amerika orang menyebutnya snake fruit. Buah ini memang memiliki sisik yang menyerupai kulit ular. 


   Tahukah Anda bahwa Manfaat buah salak bagus untuk mengobati beberapa penyakit? Salak, atau yang memiliki nama latin Salacca Edulis mengandung nutrisi yang cukup tinggi seperti kalsium, flavonoida, saponin, dan tanin. Selain dijadikan sebagai obat, salak juga sering dijadikan beragam cemilan. Untuk lebih jelasnya, yuk kita simak satu per satu....
  • Obat Mata
     Salah satu manfaat buah salak adalah sebagai obat mata. Berdasarkan penelitian oleh para ahli kesehatan, buah salak mengandung betakaroten yang bagus untuk mata. Bagi Anda yang ingin menjaga kesehatan mata tetapi bosan jika harus mengkonsumsi jus wortel terus menerus, sekarang Anda punya alternatif lain, yaitu mengganti jus wortel dengan jus salak. Selamat mencoba!
  • Obat Diare
     Ketika Anda terserang diare, jangan buru-buru mengkonsumsi obat-obatan buatan pabrik. Tidak ada salahnya untuk mencoba obat yang alami terlebih dahulu. Dengan mengkonsumsi sebanyak lebih kurang dua puluh gram daging buah salak segar yang masih muda dapat mengurangi penyakit diare. Selain alami, buah ini juga bisa dijumpai hampir di merata tempat.
  • Cemilan Sehat
    Salak sering dijadikan sebagai buah yang biasa dihidangkan di meja. Rasanya  ada yang manis, asam, sepat, atau campuran ketiganya. Selain rasanya yang enak dan segar ketika dimakan, buah ini juga memiliki kandungan gizi yang bermanfaat untuk kesehatan.


Salak dapat dimakan langsung begitu saja. Selain itu, buah salak juga sering diolah menjadi berbagai macam bentuk makanan.
  • Keripik Salak. Dibuat dengan menggunakan alat penggorengan khusus. Daging buah salak diiris tipis-tipis dan kemudian dimasukkan ke dalam freezer selama lebih kurang satu hingga dua jam sebelum digoreng dengan alat khusus. Keripik salak enak untuk dijadikan sebagai cemilan ketika Anda sedang bersantai.
  • Manisan Salak. Manisan salak memiliki cita rasa yang khas ketika dimakan. Untuk membuat manisan salak tidaklah begitu sulit. Bahan yang dibutuhkan hanya gula pasir, air matang, sedikit garam, dan buah salak sendiri tentunya. Cara membuatnya juga mudah, cukup dengan mencampurkan semua bahan yang telah disiapkan ke dalam sebuah wadah. Kemudian diamkan selama lebih kurang satu minggu. Manisan salak siap untuk disajikan.
  • Asinan Salak. Untuk membuat asinan salak, siapkan bahan-bahan seperti air, kapur sirih, cabe merah yang dihaluskan, setengah sendok makan garam, gula pasir, dan satu sendok cuka makan. Cara membuatnya, pertama kupas salak dan belah menjadi dua, kemudian keluarkan bijinya. Setelah itu rendam dalam larutan air dan garam. Biarkan selama satu jam, cuci dan tiriskan.

        Lalu rendam sekali lagi salak ke dalam larutan air dan kapur sirih lebih kurang satu jam, cuci dan tiriskan. Setelah itu masukkan lagi salak ke dalam larutan air ditambah dengan cuka dan garam yang telah direbus dan didinginkan sebelumnya. Diamkan selama satu hingga dua malam. Asinan salak siap untuk dinikmati.

"Banyak sekali bukan Manfaat dari buah salak...."

0 komentar:

Posting Komentar

Sebelum Menutup blog ini, berikan komentar dahulu ya... Dan ingat jangan memberikan komentar dengan kata-kata yang kasar... ^_^


 
Copyright© All Rights Reserved Naurapesat.blogspot.com