Selasa, 22 Mei 2012

Mengapa Manusia Sering Lupa???

Manusia merupakan makhluk yang sempurna karena semua kelebihan-kelebihan yang dimiliki. Semua kelebihan itu harus disyukuri walaupun tidak bisa dipungkiri bahwa manusia sudah pasti memiliki kekurangan. Diantara kekurangan manusia yaitu Lupa atau biasa di sebut sulit mengingat sesuatu. Kelupaan yang sering terjadi pada manusia bisa disebabkan oleh beberapa hal diantaranya sebagai berikut...

Penyebab sesoarang sering lupa
  1. Umur yang semakin menua.
  2. Terlalu banyaknya masalah dan juga pikiran-pikiran yang tidak penting.
  3. Kurang istirahat
  4. Kadar gula darah tinggi
  5. Mendengkur
  6. Metabolisme menurun
  7. Mengalami depresi
  8. Mengkonsumsi obat alergi atau pil tidur
  9. Terlalu banyak mengkonsumsi obat
Cara Mencenggahnya 
  1. Menggunakan otak semaksimal mungkin dan mengasahnya selalu dengan cara sering membaca, mengisi teka-teki, bermain catur, ataupun berdiskusi.
  2. Mencatat semua hal yang diperlukan.
  3. Memperbanyak konsumsi ikan yang kaya DHA (seperti ikan tuna dan salmon), mengkonsumsi vitamin yang dapat menjaga kesehatan otak seperti vitamin B kompleks, vitamin C, dan E, serta mengurangi konsumsi makanan yang berlemak.
  4. Meningkatkan dan memperlancar aliran darah dengan cara berolahraga yang teratur maupun sujud yang lama (dengan sujud itu berarti mempertinggi kedudukan jantung daripada kepala sehinggga memudahkan aliran darah menuju otak),
  5. Jangan menunda waktu dan kerjakan selagi ingat.
  6. Hiduplah dengan teratur. Biasakan menaruh barang-barang yang sering dilupakan di satu tempat.
  7. Merencanakan kegiatan sehari-hari secara lebih sistematis. Mulai dari bangun tidur sampai tidur lagi buatlah susunannya jika khawatir lupa maka catatlah dan jadikan sebagai kebiasaan sehingga akan meminimalisir kelupaan.
  8. Selalu berfikir positif dan hindari pikiran-pikiran yang hanya menambah beban
  9. Fokuskan pikiran jangan biarkan pikiran bercabang-cabang,
  10. Sebelum melakukan aktifitas sediakan waktu beberapa menit untuk menenangkan pikiran dan otak kemudian ingat-ingat kembali rutinitas dan keperluan apa saja yang diperlukan saat itu dan beberapa jam kemudian.
  11. Jangan lupa berdoa sebelum melakukan kegiatan apapun dan meminta dihindari dari kelupaan.
"Mudah Bukan menghindari lupa... dan biasanya lupa bisa menjadi kebiasaan, yang diawali dari menunda pekerjaan atau malas. Jadi rubah semua hal-hal yang membuat kalian sering lupa sebelum waktunya."

0 komentar:

Posting Komentar

Sebelum Menutup blog ini, berikan komentar dahulu ya... Dan ingat jangan memberikan komentar dengan kata-kata yang kasar... ^_^


 
Copyright© All Rights Reserved Naurapesat.blogspot.com