Selasa, 15 Mei 2012

Mengapa Harus Mencuci Tangan Sebelum Makan???

    “Sudah cuci tangan apa belum? Ayo, cuci tangan dulu!” Kalau kalimat itu sering teman-teman sampaikan pada adik kalian, berarti teman-teman kakak yang bijak dan tahu arti kesehatan. Kendati, di sisi lain mungkin adik kalian  sebal karena terus-menerus diingatkan dan cenderung “lupa” jika tidak ditegur.

   Cuci tangan memang sangat sepele kedengarannya. Sebagai suatu pekerjaan yang harus dilakukan pun, cuci tangan bukan hal berat. Tetapi manfaatnya? Luar biasa! Keuntungan yang paling sederhana dari kegiatan ini adalah membuat anak terbebas dari kuman dan anak pun nyaman untuk memakan makanan nya yang lezat... bagaimana ya kuman bisa masuk?? penasaran??? baca terus ya....


Proses Masuknya Penyakit


   Seperti kita ketahui, tangan adalah bagian tubuh yang paling sering bersentuhan dengan benda-benda di sekitar kita, yang belum tentu terjamin kebersihannya. Nah, dengan mudah pula, kuman menempel di tangan kemudian berpindah ke tempat lain. Entah karena kita kemudian memegang benda lain atau bahkan menyentuh bagian tubuh kita sendiri.



   Anggota tubuh yang paling sering berhubungan langsung dengan tangan adalah mulut dan hidung. Alhasil, tangan yang kotor menjadi salah satu penghantar utama masuknya kuman/mikroba penyebab penyakit ke dalam tubuh. Sementara mulut dan hidung merupakan pintu masuk kuman ke dalam tubuh. Celakanya, anak kecil amat suka memegang berbagai benda bahkan memasukkan tangan atau benda apa saja ke dalam mulut mungilnya.


" Waspadalah terhadap kuman, karena makhluk kecil itulah kita bisa terkena penyakit yang kita tidak inginkan... sehat itu mahal, tapi kalian bisa mengubahnya menjadi murah dengan menjaga kesehatan tubuh kalian "

0 komentar:

Posting Komentar

Sebelum Menutup blog ini, berikan komentar dahulu ya... Dan ingat jangan memberikan komentar dengan kata-kata yang kasar... ^_^


 
Copyright© All Rights Reserved Naurapesat.blogspot.com