Kamis, 19 April 2012

Asal Usul Adzan

   Teman, Pasti sudah tau kan untuk apa adzan di kumandangkan??? Ya Adzan adalah panggilan kepada seluruh umat islam untuk segera menunaikan shalat apabila sudah memasuki wktu shalatt tertentu. Akan tetapi tahukah bagaimana asal usul adzan pertama kali di kumandangkan?? 
   Semua bermula pada saat orang-orang islam hijrah ke Madinah. Mereka berkumpul dan menunggu waktu sholat tiba. Saat itu, tidak ada seorang pun yang tahu bagaimana cara memberitahu umat islam bahwa waktu shalat  telah tiba. Oleh karena itu, pada suatu hari, Nabi Muhammad SAW mengumpulkan seluruh sahabat nya untuk berunding. Mereka membicarakan bagaimana cara nya memberitahukan saat-saat tibanya waktu shalat dan mengajak umat muslim untuk datang ke masjid melakukan shalat berjamaah.
   Berbagai usulan berdatangan dari para sahabat Nabi Muhammad SAW. Ada yang mengusulkan untuk mengibarkan bendera pada saat memasuki waktu shalat. Apabila bendera sudah terlihat berkibar, orang yang melihatnya harus memberitahu kepada yang lainnya bahwa waktu sholat telah tiba, dan ada juga yang mengusulkan untuk meniup terompet seperti yang dilakukan agama yahudi. dan berbagai pendapat lainnya dari para sahabat Nabi Muhammada SAW. Tetapi semua usulan di tolak oleh Nabi Muhammad SAW. Sampai akhirnya Umar bin Khaththab mengusulkan untuk meneriakan kalimat, "telah datang waktu sholat!" usulan itu dianggap cukup bagus dan di terima oleh Nabi Muhammad SAW. Sementara itu, Abdullah bin Zaid bermimpi pada suatu malam. Dalam mimpi nya, dia melihat seorang laki-laki yang menawarkan kepadanya bahwa ada cara lebih baik untuk memberitahukan waktu shalat, kata laki-laki itu lalu Abdullah bin Zaid menjawab "oh tentu saja". "Kalau begitu kumandangkan kalimat-kalimat ini" kata laki-laki itu sambil mengumandangkan lafaz-lafaz adzan.
  Dengan perasaan gembira, pagi harinya Abdullah bin Zaid mendatangi Nabi Muhammad SAW dan memberitahukan tentang mimpinya, dan ternyata hala yang sama juga di alami oleh Umar bin Khaththab. Nabu Muhammad SAW pun langsung memerintahkan Bilal bin Rabah untuk mengumandangkan Adzab tersebut.
    Dan sampai sekarang, lafaz Adzan akan selalu kita dengar dari masjid-masjid terdekat."Tetapi teman-teman jangan hanya mendengarkannya saja ya, tapi segera ambil air wudhu dan dirikanlah sholat. Oke!"   

0 komentar:

Posting Komentar

Sebelum Menutup blog ini, berikan komentar dahulu ya... Dan ingat jangan memberikan komentar dengan kata-kata yang kasar... ^_^


 
Copyright© All Rights Reserved Naurapesat.blogspot.com